Tips Sukses Mancing Dasaran

Tips Sukses Mancing Dasaran : Mancing dasar atau bottom fishing adalah salah satu teknik mancing favorit sebagian para angler, nah bila ingin menjadi seorang pemancing yang profesional maka paling tidak harus tahu dasar dari teknik bottom fishing itu sendiri, karena mengetahui dasar dari teknik ini akan menjadikan anda lebih mudah dalam menganalisa dan bereksperiment dan itu menjadi titik awal untuk menjadi angler profesional cui Walau demikian ianya juga tidak menjamin sebuah kesuksesan ketika memancing karena dalam memancing sangat banyak faktor yang berpengaruh seperti cuaca dan arus air. Baca artikel Faktor Yang Sangat Berpengaruh Saat Mancing Di Laut. Meski demikian paling tidak anda mengetahui dasarnya dan itu suatu kelebihan tersendiri.
Tips Sukses Mancing Dasaran

Berikut ini beberapa kaidah sukses dalam memancing terutama yang menggunakan teknik dasaran:

Kuasai Piranti Elektronik
Alat elektronik berikut ini termasuk modal utama bila ingin mendapatkan hasil yang baik,  yaitu Global Position System ( GPS ) dan juga Depth Sounder. Gunakan GPS yang sesuai dengan kantong anda mau yang handheld ataupun stand up. Sedangkan untuk jenis depth sounder mau pakai yang 300 watt atau 600 watt itu udah lumayan baik sob.

Belajarlah  untuk dapat mengoperasikan kedua alat tersebut yang admin yakin akan sangat mudah untuk sobat angler semua pahami dan pelajari jadi bila waktu kapal jalan nemu struktur berubah di monitor depth soundernya yaitu dari berbentuk datar lalu menonjol seperti terumbu kecil di mana sekitarnya terdapat benda melayang maka sobat sudah menemukan lapak ikan yang bisa saja berupa Rumpon, tandesan ataupun bekas bangkai kapal yang sudah tenggelam. Rekamlah lokasi koordinat sarang ikan tersebut dengan menggunakan GPS. Bila sudah terekam coba ulangi untuk mencarinya kembali untuk memastikan dan meningkatkan kemahiran sobat dalam memetakan lokasi tersebut.

Posisi Melego Jangkar
Melego sauh atau jangkar tugas crew kapal tapi sebaiknya andapun perlu tau agar demi mencapai kesuksesan dalam memancing. Melego sauh atau jangkar haruslah memperhatikan jarak spot ikan, kekuatan arus air dan juga angin. Melego jangkar yang baik itu bila umpan pancing kita jatuhnya tepat di spot ikan yang telah di tandai tadi. Nah untuk umpan pertama yang turun dan di makan oleh ikan maka pertarungan tersebut sebaiknya sobat menangkan karena bila ikan terlepas akibat ceroboh atau senar putus maka ikan tersebut akan panik dan dalam sekejap spot ikannya akan mungkin saja menjadi kosong karena ikan pergi menjauh dari lokasi tersebut.

Faktor Alam Matahari dan juga Bulan
Sudah barang pasti untuk disiang hari yang terik akan berpengaruh dengan keberadaan ikan. Waktu terbaik untuk mancing ialah dini hari atau subuh hinggalah siang. Sedangkan untuk malam hari sangat berpengaruh terhadap bulan. Di malam yang gelap tanpa sinar adalah waktu terbaik untuk mancing ikan, hal ini berkaitan dengan kandungan garam pada air laut yang memantulkan cahaya dan menyebabkan senar pancing terkesan menyala dan itu sangat menakutkan ikan ( namun ini tidak berlaku untuk mancing di laut dalam ).

Ombak, Angin dan juga Awan
Terjadinya ombak karena angin yang sangat mempengaruhi aktifitas ikan. Dari angin ini juga dapat menyebabkan ada atau tidaknya gumpalan awan. Ketika ombak besar ikan kecil akan berlindung ke arah teluk yang lebih tenang dan ini akan secara otomatis membuat ikan besar mengikuti arah ikan kecil tersebut karena ikan kecil adalah makanan alami ikan ikan besar.

Perlu di ingat ketika hujan atau musim hujan ikan cenderung sedikit karena bersembunyi kedasar laut atau pada terumbu karang, ini disebabkan oleh kadar garam air laut berkurang ( salinitas ). Namun bila sobat berada di tengah laut dan hujan sebentar terjadi disana maka saat itu adalah ikan lebih agresif dan kelaparan.

Suhu Pada Air Laut
Air laut yang lebih panas menyebabkan ikan lebih bermai kedasar untuk mendapatkan suhu yang lebih dingin, namun pada suhu tinggi tersebut ikan lebih agresif dalam berburu makanan. Suhu air yang dingin sangat tidak baik untuk memancing karena ikan cenderung lebih bersembunyi dan sangat kurang dalam selera berburu makanan. Pada umumnya untuk daerah kita suhu air yang normal dan baik untuk memancing adalah 26 hingga 35'C.

Arus Pada Air Laut
Yang perlu sobat angler ketahui bahwa arus air tidak di pengaruhi oleh angin, ianya lebih kepada pengaruh ait laut sekitaran. Arus air laut layaknya udara bergerak dari daerah yang bersuhu dingin menuju pada suhu yang hangat, nah pertemuan antara dua arus ini adalah lokasi spot terbaik untuk memancing ikan karena di area ini ikan berkumpul.

Jernihnya Air Laut
Jangan lupa untuk memperhitungkan kejernihan air laut bila ingin sukses memancing dasaran sob, karena ini salah satu faktor yang perlu di perhitungkan juga, air laut yang bening dan tampak berwarna biru terang pada saat matahari bersinar terik adalah waktu yang baik untuk memancing. Keruhnya air laut atau banyak sampah menyebabkan berkurangnya ikan di sekitaran tersebut. ( sampah non organik dan orgaik dapat membedakan keberadaan ikan lho )

Demikianlah artikel informasi Tips Sukses Mancing Dasaran semoga saja dapat di jadikan tambahan pengetahuan untuk sobat angler sekalian dan mohon koreksinya bila ada kesalahan ataupun mis informasi, sampai jumpa kemabli dengan Kepri Fishing Club di artikel berikutnya.
Baca Juga:
Jual Piranti Sesama Pemancing
Istilah Mancing ( Kamus Mancing )
Langkawi International Fishing
loading...

1 Response to "Tips Sukses Mancing Dasaran"

  1. Apa mesti menguasai depth sounder dan gps ya saya enggk punya masalahnya om

    ReplyDelete

- Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang anda baca
- No Spamming
- No Link or Live Link
- No SARA or SARU
- Trims Atas Partisipasi Sobat Angler Sekalian Dalam Berkomentar Disini