Faktor Yang Sangat Berpengaruh Saat Mancing Di Laut

Sobat angler sekalian, seperti yang kita ketahui sangat banyak faktor faktor yang berpengaruh dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan kita dalam memancing baik itu di darat maupun di laut seperti 7 Hal Dasar Yang Perlu Disiapkan Sebelum Memancing, nah untuk itu kali ini admin Kepri Fishing Club ( KFC ) akan memberikan informasi tentang Faktor Yang Sangat Berpengaruh Saat Mancing Di Laut selain 3 Kesalahan Sering Di Lakukan Pemula Dalam Memancing monggo langsung di simak aja yah.

Faktor Yang Sangat Berpengaruh Saat Mancing Di Laut


A. Faktor Cuaca Pada Permukaan Air Laut:
Salah satu faktor penting sebagai angler yang wajib kita ketahui karena ini termasuk salah satu penyebab yang menentukan kita berhasil dalam perburuan atau tidak:

  • Bulan dan Matahari: Waktu memancing yang potensial adalah ketika subuh hingga siang hari karrena di waktu ini ikan baru keluar dari sarang atau baru bangun untuk mencari makan, sedangkan pada waktu malam hari faktor yang berpengaruhnya adalah ada tidaknya sinar bulan, secara umum memancing di malam hari baiknya ketika tidak ada bulan atau bulan gelap. Sinar bulan sangat berpengaruh sekali dalam memancing karena air laut yang bergaram dan terkena sinar menyebabkan tali pancing kita seperti menyala dan itu sangat menakutkan ikan. Namun sangat berbeda ketika sobat angler ingin memancing cumi, waktu terbaiknya adalah ketika bulan terang karena cumi sangat suka sekali akan cahaya.
  • Ombak, Angin dan Awan: Segala aktifitas ikan sangat di pengaruhi oleh 3 hal tersebut, Ombak terjadi karena adanya tiupan angin dan angin kencang terjadi karena seringnya berawan, jadi ketika kita mancing di tengah laut yang berawan dan anginnya kencang maka akan membentuk ombak, hal ini menyebabkan ikan ikan kecil akan berpindah posisinya mencari makan ke tempat yang lebih teduh dan secara otomatis ikan besar ( predator ) juga akan mengikuti perpindahan ikan ikan buruannya. Ketika mendung atau matahari terhadang awan ikan cenderung berada di kedalam bahkan di dasar laut. Saat musim hujan ikanpun cenderung sedikit ini di sebabkan salinitas atau kadar garam air laut berkurang karena air hujan inilah yang menyebabkan ikan lebih memilih ke laut dalam. Namun bila sobat mancing di tengah laut dan tiba tiba hujan turun namun hanya sebentar maka saat inilah yang paling baik untuk memancing karena ikan ikan tersebut akan merasa lapar dan lebih agresip dalam mencari makan.

B. Faktor Cuaca Pada Kedalaman Air Laut:

  • Ini juga perlu sobat angler ketahui tentang faktor suhu air laut ikan, bila terlalu panas maka ikan akan bermain lebih ke dalam atau ke tengah laut demi mencari suhu yang lebih dingin, namun ketika suhu yang agak tinggi ikan ikan lebih agresip mencari makan dan sebaliknya bila suhu air dingin ikan laut kurang berselera makan dan tidak agresip. Kisaran suhu untuk daerah tropis yang baik untuk mancing adalah 26 hingga 35 derajat celcius sedangkan di kutub hampir mendekati 0 ( nol ) derajat celcius.
  • Arus air laut: ketahuilah kalau arus air laut tidak semata mata di pengaruhi oleh angin terutama arus bawah yang sangat di pengaruhi oleh keadaaan sekitarnya. Seperti contoh kejadian situasi angin lemah justru arus air kencang atau sebaliknya. Untuk mengetahui kencang tidaknya arus di dalam air bisa dengan menggunakan teknik mancing dasar apakah timah dan kailnya menyentuh dasar laut atau dengan melihat kemiringan tali pancing yang kita pegang ( semakin miring tali senar berarti semakin kuat arusnya ). Layaknya udara air lautpun bergerak dari suhu dingin ke suhu yang lebih hangat, nah pada lokasi pertemuan kedua arus inilah banyaknya ikan yang berkumpul.
  • Kejernihan air laut: Kejernihan air laut juga perlu jadi perhitungan, banyaknya sampah menyebabkan berkurangnya ikan. Waktu yang baik adalah ketika air laut bening dan berwarna biru terang serta matahari bersinar terik.
Demikian informasi singkat Faktor Yang Sangat Berpengaruh Saat Mancing Di Laut selain faktor luck atau keberuntungan. Baca juga 8 Petuah Mancing Yang Populer serta 5 Tanda Spot Mancing Yang Banyak Ikannya. Sekian. 
loading...