8 Petuah Mancing Yang Populer

Setelah postingan yang lalu tentang 7 Hal Dasar Yang Perlu Disiapkan Sebelum Memancing kini Kepri Fishing Club ( KFC ) akan memposting 8 Petuah Mancing Yang Populer di kalangan pemancing indonesia dan mungkin sobat angler sekalian juga sering melakukannya, termasuk saya juga pernah hehehehehehe. Postingan ini bukan untuk menganjurkan sobat angler untuk melakukan petuah yang ada apa lagi mempercayainya karena terkadang hal berikut yang di lakukan tidak masuk akal so cukup jadi pengetahuan saja yah, dan bila salah satunya adalah kebiasaan yang sering di lakukan ya terserah kepada prbadi masing masing aja karena semuanya kembali kepada pribadi kita sendiri.
8 Petuah Mancing Yang Populer

Adapun beberapa petuah yang akan di sebutkan di bawah ini mungkin ada benarnya so mari kita bahas satu persatu dari yang paling pertama:

1. Mempertahankan Kesegaran Ikan

Demi untuk mengelakkan pembusukan yang cepat pada ikan ketika kita tidak memiliki peralatan yang lengkap maka tindakan yang dilakukan adalah ikan tersebut harus di siang disiang hingga bersih dari membuang semua isi perutnya dan sisik ikan tersebut. Namun harus di ingat ikan yang telah disiang bersih tidak boleh dicuci dengan air alias biarkan begitu aja. Sesetelah disiang biarkan saja ikan tersebut berdarah kemudian balutlah dengan kertas koran satu persatu tidak boleh di campur. Selanjutnya letakkan ikan yang telah di bungkus pada tempat teduh maka kesegaran ikan akan terjaga selama kurang lebih 24 jam.

Logikanya ini benar karena ikan yang telah di siang bersih dan mengeluarkan darah maka darah akan mengering dan menutupi area sekitarannya di tambahkan lagi di bungkus kertas koran maka serangga atau kuman penyebab kebusukan akan di perlambat masuknya ke dalam tubuh ikan dan lagi proses pembusukan pada tubuh ikan juga menjadi lambat karena sidikitnya kandungan air yang ada pada tubuh ikan tersebut. kelembapan adalah hal yang paling cepat menyebabkan pembusukan.

2. Tembakau Rokok Atau Daun Sirih

Nah yang satu ini berhubungan dengan strike ikan pari yang sulit di lawan karena parinya sudah menempel di dasar laut berpasir. Menurut petuahnya gunakan tembakau rokok atau daun sirih yang telah dibasahkan kemudian gosok di tali pancing sampai berbunyi maka ikan parinya akan merasa ngilu dan serta merta melepaskan lekapannya pada pasir.
Logikanya adakah dari kita yang bawa daun sirih ke laut untuk mancing.? mungkin ada tapi minoritas, kalau rokok mungkin rata rata kita bawa. pada hakikatnya hal itu hanya sebagai mitos, menurut admin cukup dengan melentikkan tali pancing juga sudah bisa membuat ikan pari melepaskan lekapannya pada dasar pasir tersebut. daun sirih dan tembakau rokok hanyalah penambah sugesti saja.

3. Pulut Kuning Dan Telur Rebus

Tidak di perbolehkan makanan berdarah seperti daging atau ayam ketika memancing dan juga tidak di perbolehkan bawa pulut kuning dan telur rebus, ke 2 makanan tersebut ada hubungan dengan amalan membuang sesajen.
Nah kalau yang ini admin no komen sob silahkan di pertimbangkan sendiri, karena admin tidak percaya dengan hal yang demikian bisa terjerumus ke syirik pula nanti. tapi yang jelas admin pernah makan daging rendang maupun ayam saat mancing di laut kalau telur rebus jgua sering nah pulut kuning ini yang ga pernah berhubung sudah sangat jarang ada yang buat pulut kuning di tempat kami.

4. Tepung Dan Kunyit

Katanya kalau mancing di sungai yang ada buaya ga boleh make umpan tepung yang digaul sama kunyit karena buaya ga suka bau kunyit nanti dia ngamuk dan ini akan menyebabkan bahaya kepada para pemancing.
Untuk hal yang satu ini admin belum paham sob jadi silahkan telaah sendiri ya :-p

5. Tidak Boleh Melangkahi Joran

Di larang melangkahi joran katanya nanti bisa suwe atau sial. hal mistik begini percaya tidak percaya namun logikanya kalau ngelangkahi joran takutnya kepinjak sob jadi intinya berhati hati aja, silahkan maknai sendiri maksudnya ya :-D

6. Jaga Bicara

Nah ini yang paling admin takutkan bila mancing di laut dengan ramai anggotanya karena kita tidak bisa menjaga ucapan dari masing masing orang tersebut, Yang namanya takabur atau omong besar, celungap dan suka menyumpah jangankan di laut di darat juga tidak baik. Jaga bicaramu karena ucapanmu menandai kredibilatas akan dirimu.

7. Meludahi Umpan

Meludahi umpan sih katanya biar bisa untuk menarik ikan atau udang yang di pancing. Petuah ini masih banyak yang mengamalkannya hingga kini. Ada yang meludahi umpan pertama memancing ada juga yang selalu meludah tiap kali ganti umpan. terpulang pada diri masing masing percaya atau tidaknya pada hal yang demikian, kalau admin sih tidak begitu percaya hal demikian.

8. Petuah Menghilangkan Bisa Kena Gigi Ikan

Katanya bila kena gigitan ikan seperti Malong, Jenahak, Alu-alu dan lainnya pada anggota tubuh terutama jari cepatlah ambil air laut dengan tangan lalu teteskan dalam mulut kemudian telan sedikit air tersebut. Bisa serta denyutan akan berkurangan lalu balutlah luka dengan kain bersih. benar tidaknya admin belum pernah mengalami dan melihat sendiri mungkin sobat angler ada yang pernah mengalami dan melihatnya.? silahkan syering untuk menambah informasi pada rekan rekan yang belum tau.

Sekian artikel 8 Petuah Mancing Yang Populer ini di buat semoga ada manfaat yang bisa di dapat, sampai jumpa lagi nanti di artikel lainnya, salam.
loading...