Aneka Macam Alat Alat Pancing

Aneka Macam Alat Alat Pancing  : Sebagai angler pemula sebaiknya kita haruslah mengenal seikitnya beberapa jenis alat pancing yang sering di gunakan walau itu tidak ada kewajiban namun menurut admin Kepri Fishing Club hal ini secara tidak langsung dapat membantu memudahkan kita dalam berdialog maupun bercerita sesama angler. 

Beneran asli terkesan lucu aja jadinya kalau kita hobi dengan suatu hal namun tidak mengenal nama namanya, nah oleh karena itulah admin ingin merangkum dan memberikan informasi ini untuk sobat angler sekalian dan juga untuk sebagai catatan admin sendiri biar kalau lupa kan tinggal buka dan baca baca kembali.

TACKLE BOX atau KOTAK PANCING

TACKLE BOX atau KOTAK PANCING


Peralatan yang satu ini sangatlah berfungsi untuk para pemancing sekalian karena dengan adanya kotak pancing kita bisa menyimpan dan membawa hampir semua jenis peralatan pancing kita.

NIKELIN

Aneka Macam Alat Alat Pancing

Untuk alat yang satu ini hanya berfungsi sebagai senar sambungan bila kita ingin memancing ikan yang bergigi tajam maupun ikan besar. Nikelin atau kawat seling ini banyak tersedia di toko pancing atau bila ingin hemat sobat bisa membuatnya sendiri.

KILI KILI atau SWIVEL



Aneka Macam Alat Alat Pancing

Untuk peralatan yang satu ini bisa melihat detailnya di Kili Kili Atau Swivel.

Timah Bandul Sebagai Pemberat



Aneka Macam Alat Alat Pancing


Timah atau pemberat yang paling umum di gunakan ialah dengan ukuran nomor 1, 3, 5, 8, dan sebagai saran pergunakanlah timah yang bentukya manjang seperti peluru, sebab timah yang bentuknya bulat atau oval sering mengakibatkan melintirnya senar pancing. Baca lanjutannya di Tips Memilih Bandul Atau Pemberat Untuk Mancing.

SABIKI atau KOTREK atau Rawai



Aneka Macam Alat Alat Pancing

Alat ini adalah rangkaian beberapa kail yang di buat menarik untuk ikan. Sabiki sangat efektif untuk memancing ikan selar, kembung, tembang, layang, como, dsb. Gunakanlah mata kail nomor 5, 6 atau 7 untuk membut alat pancing jenis rawai ini.

KAIL atau HOOK atau Mata Pancing


Aneka Macam Alat Alat Pancing


Yang paling umum di gunakan oleh para angler mania adalah nomor 1, 2, 5, 6, dan 7 namun terkadang tiap merk penomorannya berbeda untuk lengkapnya sobat bisa lihat di Kupas Tuntas Tentang Mata KailJenis merek terkenal dan sering dipakai yaitu Mustad, Gamakatsu, Owner, Daiichi.

LINES atau KENUR atau Senar Pancing



Aneka Macam Alat Alat Pancing

Untuk yang satu ini para angler umumnya menggunakan ukuran 8 lbs hingga 20 lbs, adapun untuk merk ya terserah sobat aja mana yang mampu untuk di beli. Admin lebih suka membeli yang harga murah dengan kapasitas 1000m hingga 2000m untuk setiap rol atau gulungannya jadi senarnya dapat diganti setiap penggunaan 2 atau 3 kali mancing. Baca juga Kenur Braided Atau Di Sebut Senar PE untuk informasi lebih lanjut.

PENGGULUNG atau REEL


Aneka Macam Alat Alat Pancing

Penggulung atau reel ini adalah piranti yang harus di miliki oleh para angler, penggulung Spinning type yang baik ialah yang ringan, juga memiliki minimal 3 bantalan roda atau di sebut juga ball bearing ( semakin banyak semakin baik ) kapasitas gulungan senarnya 200m hingga 400m. Jangan lupa lo  peralatan yang satu ini pepatah Money never lies alias uang ga pernah bohong sangat berlaku itu artinya semakin mahal harga alat ini di jamin semakin bagus kualitasnya, janganlah beli penggulung yang tanggung-tanggung apa lagi bukan dari merk yang ternama seperti: Shimmano, Daiwa, Abu Garcia dll, sebaiknya tabung dulu anda kalau belum cukup untuk membelinya daripada kecewa dan menyesal di kemudian hari. Lanjutkan membaca di Kenali 4 Jenis Reel Untuk Mancing.

ROD atau JORAN



Aneka Macam Alat Alat Pancing


Penggunaan joran atau rod ini sebaiknya memakain yang tanpa sambungan atau di sebut juga one piece, maksimal sambung dua atau two pieces. Bahan yang umum di gunakan untuk pembuatan joran ini ialah fiber glass, Grafit, Carbon, Boron atau Kevlar. Panjang idealnya 120cm sampai 180cm adapun ukuran umum yang di gunakan 5 feet 6 inch hingga 6 feet, adapun merk ternama yang banyak di pakai ialah: Shimano, Daiwa, Berkley, Fenwyck dsb. Silahkan baca Tips Memilih Joran Untuk Mancing.

PELAMPUNG



Umumnya di buat dari kayu, gabus, busa, fiber glass atau plastik, penggunaannya sebagai alat yang dapat mengambang di atas permukaan air.

UMPAN atau Lure atau Minnow


Aneka Macam Alat Alat Pancing


Informasi lengkapnya bisa di lihat di postingan umpan buatan atau di umpan tiruan.

GUNTING



Aneka Macam Alat Alat Pancing


Berguna untuk alat pemotong umpan, senar ataupun rangkaian mata kail yang kusut.

TOPI


Aneka Macam Alat Alat Pancing

Topi ini sangat berguna untuk menjaga kepala kita dari sengatan teriknya matahari saat mancing.


Nah demikianlah sobat angler sekalian sedikit informasi tentang artikel Aneka Macam Alat Alat Pancing, semoga saja berguna dan bemanfaat. Bila ada kesalahan maupun kekurangan dalam postingan ini mohon koreksi dari sobat sekalian dengan memberikan komentar di bawah ya untuk perbaikan ataupun penambahan informasi. Terimakasih.
loading...