Kenali 4 Jenis Reel Untuk Mancing

Salam jumpa kembali sobat angler sekalian, kali ini Kepri Fishing Club ( KFC ) akan memberikan informasi seputar alat pancing yang masuk dalam katagori penting bagi pengguna piranti pancing joran yaitu Reel. Judul artikel kita kali ini adalah Kenali 4 Jenis Reel Untuk Mancing.
Reel adalah piranti atau alat pancing yang di gunakan untuk menggulung senar atau tali pancing bagi para angler sekalian yang mana alat ini memberikan kemudahan bagi kita dalam menggulung senar, melempar umpan bahkan saat bertarung dengan ikan yang kita dapat.

Sangat banyak jenis reel yang di ciptakan bagi pemancing di dunia ini, namun yang paling sering kita temui ada 4 Jenis Reel Untuk Mancing, berikut ini info lengkapnya:

1. Reel Untuk Fly Fishing ( Butuh Keahlian Khusus )

Reel Untuk Fly Fishing


Untuk reel yang satu ini kita jarang sekali menemuinya di negara kita, mungkin karena teknik yang di gunakan untuk mancingnya  adalah Fly Fishing yang notabene jarang di gunakan di indonesia. Fungsi utama reel ini ialah untuk menggulung senar. Teknik mancing Fly Fishing menggunakan jenis umpan tiruan yang sangat ringan, jadi sangat di perlukan suatu keahlian yang baik bila ingin menggunakan teknik ini.

2. Spinning Reel ( Mudah Menggunakannya )

Spinning Reel


Piranti yang satu ini ada yang menyebutnya Reel Spinning dan ada juga Spinning Reel. Ini adalah piranti umum yang paling sering kita jumpai di gunakan oleh para angler sekalian, sebutan lain dari reel ini adalah Open Face  sebab tidak adanya penutup di gulungan senar. Cara penggunaan reel ini pertama kali haruslah kita buka dulu pengaman gulungan atau biasa di sebut Bail lalu gunakan jari telunjuk atau bila telah mahir gunakan jari jempol untuk menahan senar setelah umpan di lempar lepaskan jari dari senar tadi dan kemudian tutup kembali pengaman gulungannya atau Bail. Untuk pemula butuh beberapa kali latihan untuk menggunakan reel yang satu ini.

3. Reel Spin Casting ( Sangat Mudah Di Gunakan )

Reel Spin Casting


Nah bagi pemula dalam mancing memancing reel yang satu ini sangat cocok sekali di gunakan karena cara penggunaannya relatif mudah dan gampang. Namun ingat ya untuk jenis reel yang satu ini bukan untuk memancing ikan besar. Penggunaan reel ini haruslah dengan jenis joran khusus untuk Spin Casting yang memiliki pengatur senar di atas karena reel ini di pasang di atas joran bukan di bawah joran seperti Spinning Reel di atas. Reel ini memiliki tombol yang di gunakan untuk melempar umpan agar senarnya keluar mengikuti alur tujuan umpan. sangat mudah sekali penggunaan reel yang satu ini.

4. Reel Bait Casting ( Butuh Keahlian Khusus / Pro )

Reel Bait Casting

Reel yang satu ini khusus di peruntukan bagi pemancing yang sudah sangat mahir dalam penggunaan piranti mancing atau biasa di sebut profesional. Butuh kontrol yang sangat baik dalam penggunaan reel ini ketika melemparkan umpan karena akan terjadi kusut pada senar bila terjadi ke salahan. Oleh karena ini Reel Bait Casting ini lebih sering di gunakan oleh mereka yang benar benar pemancing profesional.

Demikian informasi singkat tentang Kenali 4 Jenis Reel Untuk Mancing ini semoga ada manfaat yang bisa sobat angler sekalian dapatkan. Terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa lagi.


Baca juga artikel KFC yang lalu:
Jadwal Pasang Surut Air Laut Tanjungpinang
Faktor Yang Sangat Berpengaruh Saat Mancing Di Laut
loading...