Mengenal Ikan Sebelah atau Halibut

Sobat angler sekalian sebagian dari kalian pasti pernah mancing mendapatkan ikan Sebelah atau di sebut juga Halibut, nah untuk yang belum pernah melihat atau mendapatkan ikan ini ketika memancing maka dengan artikel ini akan admin informasikan tentang ikan halibut ini sebagai referensi nantinya ketika strike atau jumpa ikan ini di pantai. Berikut ini informasi lengkapnya tentang Mengenal Ikan Sebelah Atau Halibut.
Ikan Halibut atau Ikan Sebelah
Ikan ini termasuk dalam keluarga ikan mata merah atau Pleuronectidae, pada umumnya ikan ini berukuran besar dan sangat banyak terdapat di Samudra Pasifik utara dan Atlantik. Nama ikan sebelah ini di sebut juga Halibut di ambil dari nama Haly = Holy ( kudus ) dan Butt ( pipih atau ikan pipih ) karena ikan ini memang berbentuk pipih dan sekilas pandang akan terlihat seperti hanya separo doang oleh karena itu sebagian masyarakat indonesia menyebutnya ikan separo atau sebelah. Ukuran ikan ini bisa mencapai panjang sekitar 2 meter dengan berat hingga 200 Kg sedangkan untuk umur ikan ini mampu mencapai hingga puluhan tahun.

Ikan Sebelah

Kandungan nutrisi seperti Vitamin A dan D ikan halibut atau ikan sebelah ini sangatlah tinggi bahkan mengalahkan ikan Kod terutama pada minyak halibutnya. Kini ikan ini telah masuk dalam katagori ikan langka yang di lindungi undang undang internasional karena nyaris punah. Sangat sulit untuk mendapatkan ikan halibut yang besar karena gencarnya perburuan yang di lakukan oleh sebab itulah spesies ikan ini semakin memprihatinkan.

Ikan sebelah atau halibut ini menurut data Uni Eropa memiliki 28 spesies ( FlatFish ) namun yang memiliki nilai ekonomi tinggi hanya ada 6 spesies yaitu Cynoglossidae, Botidae, Citaridae, Scoftalmidae, Pleuronectidae dan Soleidae. Umumnya daging ikan ini di jadikan filet yang konsumen utamanya pasaran eropa.

Ikan Halibut

Demikianlah informasi singkat tentang Mengenal Ikan Sebelah atau Halibut ini, semoga berguna dan bermanfaat untuk sobat angler sekalian, jangan lupa untuk CnR ( Catch And Release ) bila mendapatkan jenis ikan ini yang masih kecil alias bayi agar dapat berkembang biak nantinya. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, jangan lupa baca artikel sebelumnya ya tentang Umpan Jitu Mancing Ikan Besar Di Laut.
loading...

0 Response to "Mengenal Ikan Sebelah atau Halibut"

Post a Comment

- Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang anda baca
- No Spamming
- No Link or Live Link
- No SARA or SARU
- Trims Atas Partisipasi Sobat Angler Sekalian Dalam Berkomentar Disini