Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod

Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod - Salam jumpa kembali sobat angler mania sekalian, semoga kalian tetap semangat dalam melakukan aktivitas mencing baik itu yang di kolam / empang, danau sungai maupun lautan. Untuk yang suka beraktivitas memancing di laut haruslah lebih hati hati dan waspada karena sekarang lagi musim angin utara, di mana musim utara ini sangat banyak aktivitas laut yang di hentikan karena kekuatan angin dan ombak yang besar dapat membahayakan diri. 

Seperti yang sobat pemancing ketahui artikel sebelumnya, kami telah membahas tentang Tips Melepaskan Mata Kail Yang Nyantol Di Badan, semoga saja sudah sobat baca, kalau belum sebaiknya di baja sob karena informasi tersebut sangat penting dan wajib di ketahui oleh para pemancing demi untuk keselamatan dan pertolongan pertama pada kecelakaan memancing ( bila hal tersebut terjadi ). Ok selanjutnya kita akan membahas tentang  Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod sesuai judul artikel ini.
Joran Kosongan

Blank Rod atau biasa di sebut juga sebagai Batang Kosongan / Joran Kosongan adalah sebuah istilah yang di gunakan oleh para pembuat pancingan / produsen pancing untuk menciptakan sebuah stick pancing / joran. Joran kosongan adalah bahan pokok untuk pembuatan joran yang siap pakai. Untuk itu bagi sobat pemancing yang ingin mencoba membuat joran sendiri ada baiknya perhatikan tips di bawah ini yang dapat di jadikan patokan kira kiar joran jenis apa yang akan sobat buat.

Tipe Joran Kosongan atau Blank Rod di bagi menjadi 3 katagori yaitu:
Fast Tapper ( Cepat ), Moderate Tapper ( sedang ) dan Soft Tapper ( Lembut )
Istilah dari tapper ini dalam bahasa umumnya untuk penyebutan kecepatan aksi dari joran tersebut sewaktu merespon sentakan kita saat strike.
  • Tipe dari joran fast tapper cenderung kaku dan letak lengkungan beban pada ujung joran.
  • Tipe dari moderate tapper tingkat dari kekakuan jorannya sedang dan letak lengkungan beban di tengah joran.
  • Tipe dari soft tapper adalah joran yang lentur yang mana letak lengkungannya merata hingga pangkal joran.
Baca Juga : Tips Dan Trik Memilih Joran Atau Rod Untuk Casting
Tipe Joran

Tips Memilih Blank Rod / Joran Kosongan

Pahami telebih dahulu kira kira dimana dan jenis joran apa yang sobat inginkan jadi intinya sesuaikan dengan kebutuhan dan selera, apakah ingin memancing di laut atau kolam ataupun hanya mancing pinggiran. Sedikit saran dan masukan, bila ingin memncing di laut sebaiknya pilihlah jenis joran yang terbuat dari bahan carbon, selain cukup kuat ianya juga ringan. Dengan joran yang ringan dapat mengurangi efek lelah ketika bertarung dengan ikan ikan besar. Sedangkan untuk di empang atau kolam joran dari bahan fiber sudah cukup memadai karena pertarungan dengan ikan di empang tidak terlalu membutuhkan tenaga ekstra ( umumnya )

Beberapa Jenis Bahan Membuat Joran
Berikut ini akan di jabarkan jenis bahan untuk pembuatan joran yang umum di pergunakan, yaitu:
  • Bahan dari Carbon Composite
  • Bahan dari Graphite
  • Bahan dari Fiberglass
  • Bahan alami

1. Bahan Carbon Composite
Bahan Carbon adalah jenis bahan yang bertecnologi tinggi dan umumnya digunakan untuk memancing jenis ikan besar atau kelas berat, selain kuat joran jenis ini juga lebih akurat dalam lontaran umpan. Joran ini sangat ringan, lentur dan juga kuat. Bahan carbon composite adalah bahan yang sempurna ( menurut pendapat para pemancing ketika ini ). Bahan Composite tingkat ke ringanan dan juga sensitivitasnya sama dengan graphite serta daya tahan laksana fiberglass. Itulah sebabnya bahan ini menjadi idola baru sekarang ini setelah era joran berbahan graphite.

Kelebihan Dari Joran Berbahan Carbon Composite:
- Jauh Lebih kuat
– Jauh Lebih ringan
– Jauh Lebih halus
– Jauh Lebih mengkilat
– Jauh Lebih kaku (relatif karena tergantung dari kualitas bahan serat carbon yang dipergunakan)

Kekurangan Dari Joran Berbahan Carbon Composite:
- Tipis
– Mudah patah (relatif karena bergantung dari kualitas bahan yang di pergunakan)
– Harganya lebih mahal

2. Bahan Graphite
Graphite menjadi bahan untuk membuat joran karena sifatnya yang ringan serta kuat. Selain dari pada itu bahan graphite juga mempunyai tingkat sensitifitas yang baik terhadap sentuhan ikan ketika umpan di makan. Sensitifitas pada joran sangatlah penting apalagi saat menggunakan umpan yang cukup ringan. Umumnya joran yang berbahan graphite adalah joran premium alias berkelas dan mahal. Graphite jauh lebih ringan dan baik dari pada fiber.

3. Bahan Fiber
Bahan joran dari fiber adalah termasuk generasi pertama di ciptakannya joran pabrikan sebelum graphite atau carbon composite populer. Seiring waktu serta banyak keluhan yang datang dari pemancing karena tingkat sensitivitas yang kurang fiberglass tidak lagi jadi primadona para pemancing. Bahkan ada beberapa pabrik joran yang cukup ternama tidak lagi menggunakan bahan fiberglass untuk membuat joran. Walaupun demikian bahan fiberglass masih ada di gunakan untuk pembuatan joran jenis fly fishing dan joran ekonomis dengan harga murah. 

Kelebihan dari joran berbahan Fiber:
- Alot tidak mudah patah
– Umumnya tebal
– Harga relatif murah

Kekurangan dari joran berbahan Fiber :
- Umumnya lebih lentur
– Kurang kaku
– dan lebih berat

4. Bahan alami
Salah satu bahan alami yang di gunakan untuk di buat menjadi joran adalah bambu, Yogyakarta adalah salah satu daerah yang banyak penggunaan joran bambu yang biasanya di gunakan untuk mancing di empang ataupun sungai.
Joran Bambu

Demikianlah informasi singkat dari kami Kepri Fishing Club tentang Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod, semoga berguna dan bermanfaat sebagai penambah pengetahuan sobat pemancing sekalian dalam memilih jenis joran dan bahannya. Baca juga artikel terkait tentang joran dengan judul Tips Dan Trik Mengganti Cincin Joran, sampai jumpa lagi salam mancing mania salam strike joran melengkung cui.
loading...

2 Responses to "Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod"

  1. Boss, mana lebih kuat karbon solid dengan karbon kosong????

    ReplyDelete
  2. Mff gan dimana saya bisa membeli rodblank carbon composite nya..
    Lokasi saya jakarta utara.
    Trms

    ReplyDelete

- Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang anda baca
- No Spamming
- No Link or Live Link
- No SARA or SARU
- Trims Atas Partisipasi Sobat Angler Sekalian Dalam Berkomentar Disini