Si Rakus Ikan Betok Atau Betik

Sobat angler indonesia sekalian pasti sudah kenal dengan jenis ikan yang satu ini Si Rakus Ikan Betok Atau Betik.  Jenis ikan yang satu ini dapat di temui hampir di seluruh pelosok nusantara berair tawar atau fresh water baik itu di danau, sungai, kanal, setu maupun rawa. Mungkin karena keberadaannya ada di mana mana para angler mudah mengenal ikan yag satu ini. Bahkan ada yang sudah mengenalinya sejak masih kecil, oleh sebab itu tidak heran kalau ikan ini memiliki banyak nama seperti Betok, Bato, Betik, Harfan, Puyo-puyo, Papuyu, Oseng, Getah-geteh, Kusang, Kusa, Hosing dan masih cukup banyak lagi namanya yang tak dapat di sebutkan disini.

Ikan Betok Atau Betik

Adapun nama ilmiah ikan betok atau betik ini ialah Anabas Testudineus dan nama panggilannya dalam bahasa inggris lebih keren sob yaitu Climbing Gourami dan ia yang masuk dalam family Anabantidae.

Ikan betok adalah jenis ikan dari dataran asia selatan yang tersebar sampai negara China, ukuran ikan ini mampu mencapai panjang hingga 25cm dan dapat hidup sampai kedalaman air 5m. Adapun untuk usia ikan yang satu ini cukup panjang cui yaitu hingga 6 tahun dan betik termasuk jenis ikan omnivora, statusnya ikan ini termasuk indemik aseli ikan indonesia.

Ikan ini sangat mudah untuk di pancing mau pakai cara glosor atau pelampung sama saja persentase keberhasilannya, mungkin karena banyaknya habitat ikan ini dan ia tergolong rakus sob. Untuk jenis umpan juga ga pake muluk, cacing ya di makan serangga apalagi, bahkan remahan mie instan atau roti juga di embat sama ikan betok ini.

Tanaman air kapu kapu
Tanaman Air Kapu Kapu
Ikan betik yang habitatnya di rawa maupun danau biasa tinggal dibawah tumbuhan air seperti kapu kapu ataupun enceng gondok, pada lokasi yang tak terlalu dalam. Jika sobat angler memancing ikan betok ini dari pinggiran sungai atau danau tempat yang menjadi favorite ikan ini ialah area yang banyak semak menjorok di atas air atau banyak tumbuhan airnya. 

Ikan betok sangat agresif sekali bila di pancing menggunakan umpan bergerak / hidup seperti cacing yang di pasang menjumbai alias memanjang. Ikan ini hidupnya berpasangan dan sangat menjaga teritorial sarangnya, akan sangat agresip bila ada ikan lain yang datang atau mengganggu sarang mereka. Jadi katakanlah kalau di 1 spot sobat angler sudah memancing mendapatkan 2 ekor ikan betok yang gede gede sebaiknya pindah ke spot lainnya karena sangat jarang di antara sesama ikan betok mendatangi sarang yang lainnya. Ikan ini lebih aktif di pagi dan sore hari namun tidak menutup kemungkinan di waktu lain ianya juga agresif di karenakan lapar atau terganggunya sarang mereka.

Mungkin belum banyak yang tau kalau ikan ini sangat lezat sekali untuk di konsumsi contohnya saja masakan dari masyarakat banjar dengan nama pepuyu ( bahasa lokal ) baik itu pepuyu bakar maupun wedi papuyu yang lezat. Ada juga yang mengolah ikan ini dengan berbagai olahan seperti betok panggang, pecel betok, kari betok, sup betok, betok santan pedas dan masih banyak lagi olahan dari ikan betok ini. Ikan ini memang lezat sob hanya saja yang membuat orang sedikit malas mengolah ikan ini karena kekerasan sisik dan banyaknya duri pada tubuh ikan ini baik itu di insang maupun siripnya. Tapi kalau sudah tau begini pastinya sobat angler pengen nyoba juga toh bagaimana kelezatan ikan rakus yang satu ini ane jamin dah ga bakalan nyesel nyobanya :-D

Si Rakus Ikan Betok Atau Betik

Berikut ini sebutan atau nama nama ikan betok atau betik di beberapa negara di dunia:

Nama Lain Ikan Betik Atau Betok

Alalo Philippines Pangasinan
Arraro Philippines Ilokano
Bale belang Indonesia Makassarese
Betok Indonesia Malay
Cá ro dong Viet Nam Vietnamese
Climbing perch Bangladesh English
Cá rô dông Viet Nam Vietnamese
Cá Rô d?ng Viet Nam Vietnamese
Betik Indonesia Javanese
Atas Philippines Bikol
Alito Philippines Kuyunon
Climbing perch Sri Lanka English
Climbing perch Malaysia English
Climbing perch UK English
Gutan Philippines Visayan
Karippidi India Malayalam
Kavaiya Sri Lanka Sinhalese
Kletterfisch Germany German
Koi Bangladesh Bengali
Koi India Bengali
Koi India Assamese
Klätterfisk Sweden Swedish
Khakoi India Khasi
Kabai Nepal Nepali
Karooppu India Malayalam
Kallemutti India Malayalam
Climbing perch USA English
Climbing perch Papua N Guinea English
Climbing perch India English
Kranh Cambodia Khmer
Laziec Poland Polish
Liwalo Philippines Tagalog
Nga-bye-ma Myanmar Burmese
Pa kheng Laos Laotian
Pepuyu Malaysia Malay
Pla mor Thailand Thai
Pla sadet Thailand Thai
Puyo Philippines Maranao/Samal/Tao Sug
Puyo Philippines Visayan
Puyu Malaysia Malay
Tinikan Philippines Tagalog
Ukabi India Manipuri
Trey kranh srai Cambodia Khmer
Trey kranh Cambodia Khmer
Ryba-polzun Russian Fed Russian
Puyo puyo Philipines Maranao / Samal / Tao Sug
Puyo Philippines Tagalog
Puyo Philippines Bikol
Pla mor Thai Thailand Thai
Piit Philippines Maranao/Samal/Tao Sug
Panaiyeri kendai India Tamil
Nga-pri Myanmar Burmese
Martiniko Philippines Tagalog
Liwalo Philippines Kapampangan
Krucilan Indonesia Javanese

Demikian artikel informasi tentang Jenis Ikan Si Rakus Ikan Betok Atau Betik ini dari kami Kepri Fishing Club, semoga dapat menambah pengetahuan dan manfaat bagi sobat angler sekalian, jangan lupa bantu share juga ya agar teman angler yang lainnya mendapatkan manfaat yang sama, sampai jumpa lagi. Baca juga artikel sebelumnya Tips Memilih Leader Mancing Ikan Besar.
loading...

1 Response to "Si Rakus Ikan Betok Atau Betik"

- Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang anda baca
- No Spamming
- No Link or Live Link
- No SARA or SARU
- Trims Atas Partisipasi Sobat Angler Sekalian Dalam Berkomentar Disini