Mengenal Jenis Ikan Tuna

Mengenal Jenis Ikan Tuna : Ya siapa yang tidak kenal dengan ikan yang satu ini? terutama para angler pro dan angler laut dalam pasti pernah memancing ikan yang terkenal hebat dalam pertarungannya ( lihat salah satu video pertarungan dengan bayi tuna DISINI.! ) dan juga kelajuannya dalam berenang yang pernah di ukur yaitu mencapai 77 KM / Jam. Ikan tuna adalah salah satu jenis ikan yang memiliki nilai ekonomi komersil tinggi dan hampir terdapat di seluruh perairan dunia terutama Indonesia tercinta kita ini cui.
Bluefin Tuna

Ikan tuna tidak seperti ikan yang lainnya dalam bentuk warna daging yang mayoritas berwarna putih, karena tuna berdaging yang berwarna merah hal ini terjadi karena otot daging ikan ini banyak mengandung Myoglobin ( protein dalam otot daging berbentuk bulat penyimpan oxsigen yang terbentuk dari Polipeptida ). Ikan ini juga tergolong kedalam jenis ikan "Zona Laut Pelagik" yang bermain di pertengahan air atau permukaan namun tidak pada dasar laut, Pelagik sendiri artinya adalah Laut Lepas.

Bentuk Tubuh
Ikan yang masuk dalam Bangsa Thunnin dengan beragam Spesies terutama dari Famili Skombride yang khususnya Genus Thunnus ini memiliki bentuk tubuh yang hampir mirip torpedo, mungkin oleh sebab itu kehandalannya dalam berenang sangat mengagumkan. Tuna sendiri memiliki arti gamblangnya adalah MELSAT yang di ambil dari berbagai bahasa dunia seperti spanyol, arab, latin dan bahasa yunani kuno.

Beberapa Jenis Yuna Yang Banyak Di Temui Dan Di Pancing Angler Mania
  • Tuna Jabrik atau tuna albakora dapat di temukan pada semua daerah samudra beriklim tropis dan juga yang beriklim sedang. Di laut tengah ikan ini juga dapat di temukan, daerah penyebaran terbesarnya di samudra hindia dan samudra pasifik.
Tuna Jabrik
Wikipedia.org

  • Tuna Sirip Hitam, dapat di temui di Tanjung Cop bagian barat Samudra Atlantik hingga pesisir negara Brazil.

Tuna Sirip Hitam
wikipedia.org

  • Tuna Sirip Biru Selatan yang banyak di temukan pada perairan selatan samudra dunia, ini bermakna lokasi tersebut terletak di sebelah selatan dari garis lintang katulistiwa seperti negara australia, benua antartika dan sebagian amerika selatan afrika dan asia. Untuk jelasnya lihat gambar peta dunia di bawah.!

Belahan Bumi Selatan
contoh belahan bumi selatan ( wikipedia.org )
Tuna Sirip Biru Selatan
wikipedia.org


  • Tuna Mata Besar di indonesia kita ini memiliki berbagai nama seperti sisiak bonta, tuna mata belo, jabrig, bet, bungkulis kadang di sebut tuna doang alias tuna aja. Ikan ini di temukan hampir di semua samudra daerah tropis dan yang beriklim sedang namun tidak di temukan di perairan laut tengah. Untuk lokasi di indonesia ikan tuna mata besar ini bisa kita temukan di laut Flores, laut Banda, perairan papua , samudra pasipik, laut Sulawesi dan samudra Hindia.

Tuna Mata Besar
wikipedia.org


  • Bluefin Tuna simonster yang terbagi menjadi 3 katagori ini yaitu tuna sirip biru selatan, tuna sirip biru pasifik dan tuna sirip biru atlantik. Untuk tuna sirip biru selatan telah di bahas singkat di atas dan sisanya pasifik dan atlantik ini ane gabungkan saja karena kalau tidak pasti kepanjangan cui artikelnya bosen yang baca apa lagi yang ngetik hehehehehe. Untuk membaca selegkapnya tentang tuna sirip biru atlantik silahkan klik DISINI dan untuk tuna sirip biru pasidik baca DISINI.

Tuna Sirip Biru Atlantik Dan Tuna Sirip Biru Pasifik
wikipedia.org


  • Tongkol: untuk jenis tuna yang satu ini akan kami khususkan nanti di artikel tersendiri.
  • Cakalang akan di bahas secara terpisah di artikel Jenis Ikan berikutnya.
  • Tuna Sirip Kuning atau disebut juga Madidihang (Thunnus albacares) adalah salah satu dari jenis ikan pelagis ( baca Ikan Pelagis Jenis Dan Ciri Cirinya ) berukuran besar yang tersebar diseluruh lautan tropik. Walaupun ukuran besarnya masih kalah dengan tuna sirip biru dan tuna mata besar namun ikan tuna sirip kuning atau Yellowfin Tuna masuk dalam golongan tuna terbesar.

Tuna Sirip Kuning
Tuna Sirip Kuning ( wikipedia.org )

Cukup sekian dulu sob artikel Mengenal Jenis Ikan Tuna kali ini semoga berguna dan bermanfaat, bila ada waktu luang berikutnya akan di usahakan untuk menambah informasi dari berbagai jenis ikan untuk pengetahuan kita bersama. salam angler mania dari Kepri Fishing Club, bye bye. Baca artikel sebelumnya tentang Mancing Pasiran Atau Surfcasting Yogyakarta.
loading...

0 Response to "Mengenal Jenis Ikan Tuna"

Post a Comment

- Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang anda baca
- No Spamming
- No Link or Live Link
- No SARA or SARU
- Trims Atas Partisipasi Sobat Angler Sekalian Dalam Berkomentar Disini