Ikan Nila Atau Tilapia

Ikan Nila Atau Tilapia : Ikan nila atau nama lainnya Tilapia adalah jenis ikan fresh water atau air tawar, ikan ini ber asal dari benua hitam ( nama lain benua Afrika ) lokasi pastinya dari alur sungai Nil. Ikan Tilapia mulai di kenal sejak tahun 1969 di negara kita indonesia ini dengan sebutan ikan nila ( Nile Tilapia adalah sebutan Inggris nya ) Oreochromis niloticus bahasa ilmiahnya. Kerabat dekat ikan nila ini ialah ikan ikan mujair ( Oreochromis mossambicus ). Sebagaimana yang ktia ketahui ikan nila telah menjadi ikan konsumsi masyarakat di penjuru dunia mungkin karena mudahnya dalam pemeliharaan dan pengembang biakannya.

Ikan Nila Atau Tilapia

Mudah berkembang biak dan cocoknya habitat ikan ini di indonesia membuat populasinya menyebar hampir di seluruh nusantara. Satu hal yang membuat ikan ini menjadi target para angler mania adalah susah susah gampang dalam memancingnya, karena ikan ini termasuk golongan ikan omnivora yang memakan segalanya baik itu daging tumbuhan dan juga biji bijian.

Tips Mancing Nila

Karakter makan ikan nila pada umumnya dinihari hingga jam 10 pagi dan di sore harinya lewat dari jam 15.00. Bukan tidak mungkin ikan ini juga memakan umpan di siang hari namun sangat jarang di karenakan terik dan panasnya cuaca yang membuat air menjadi hangat dan sang ikan lebih memilih berlindung dari pada aktif.

Umpan atau makanan favorit ikan nila adalah plankton air serangga, lumut halus, dedak di campur tepung berbungkil kacang dan juga ampas kelapa, adapun cacing adalah santapan umum hampir di sukai semua ikan termasuk nila ini. Daya tahan nila cukup mumpuni karena dapat hidup di suhu 14 hingga 38 °C, sedangkan kadar ke asaman air atau di sebut juga PH air yang dapat di tolerir ikan nila antara 5 sampai 11 PH air. Bila ingin mendapatkan pertumbuhan optimal ikan ini butuh PH 7 hingga 8 saja. Untuk kadar oksigen yang terlarut dalam air demi pertumbuhan yang optimal ikan nila ialah harus lebih dari 5 mg per liter air.

Umpan yang paling di gemari para angler mania untuk memancing ikan ini adalah lumut, ini karena lumut juga termasuk makanan favorit ikan ini seperti yang admin sampaikan di atas. Jenis lumut yang halus sangat di gemari ikan nila ( baca Jenis Umpan Lumut Untuk Mancing ). Selain menggunakan umpan lumut untuk mancing ikan nila sebaiknya persiapkan juga bom umpan seperti dedak pelet atau lumut ( bila stoknya banyak ) untuk membuat ikan berkumpul di lokasi tertentu dan lebih mudah dalam memancingnya.

Model pancingan yang di pakai pada umumnya yang jenis berpelampung dengan size senar 2 hingga 15 lbs dan mata kailnya nomr 6 hingga 10 ( Baca Kupas Tuntas Tentang Mata Kail ). Daging dari buah kelapa sawit yang sudah tua di rajang kecil juga sangat baik untuk umpan ikan nila ini. Bagi sobat angler yang hobinya casting maka ikan ini juga dapat di pancing dengan teknik tersebut dengan menggunakan Umpan Tiruan yang sesuai. Saat memancing ikan ini sebaiknya posisi kail berada sedikit di bawahpermukaan air atau dengan arti lain di tengah kedalaman, ini dikarenakan ikan nila sering berada di tengah per airan.

Tips Mancing Nila

Demikianlah artikel informasi dari Kepri Fishing Club tentang Ikan Nila Atau Tilapia  dan juga tips memancingnya, semoga saja dengan informasi ini membuat sobat angler sekalian menjadi semakin ahli dalam menghasilkan Strike berulang ulang kali ketika memancing ikan nila ini. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya dan bantu kami untuk share dan bagikan artikel ini agar dapat bermanfaat juga oleh sobat angler yang lainnya. Jangan lupa baca juga artikel sebelumnya tentang Mancing Harus Mengutamakan Keselamatan dan bagi sobat angler yang sedang memulai usaha budidaya ikan nila atau sejenisnya sobat dapat melihat video tentang budidaya ikan DISINI.
loading...