Apakah Ikan Mengenali Warna ?

Apakah Ikan Mengenali Warna ? : Pertanyaan sederhana tersebut mungkin bagi sebagian orang terkesan sepele bahkan mungkin konyol bila mendengar pertanyaan begitu, namun sebagai seorang angler kita wajib mengetahuinya apakah ikan yang kita pancing selama ini mengenali watna atau tidak. Para ilmuwan ahli dalam bidangnya telah lama melakukan riset untuk mengetahui jawaban tersebut, bahkan sangat banyak teori yang berkembang dari mereka.

Polemik akan pengenalan warna oleh ikan masih terus berkambang hingga kini, namun Kepri Fishing Club di sini hanya akan memberikan informasi bagaimanakah kita sebagai pemancing memilih warna umpan lure untuk memancing ikan target. Sebagian angler merasa perlu memilih warna tertentu dan mereka juga merasa pemilihan warna sangat penting sekali berdasarkan pengalaman yang mereka alami. Jangan lupa baca juga artikel kami yang lainnya tentang Tips Dan Trik Mancing Ikan Mas dan juga Lingga Fishing Festival.

Apakah Ikan Mengenali Warna

Jadi apa bener ikan itu dapat mengenali warna? bagaimanakah reaksi ikan terhadap warna warna tertentu? Jawabannya adalah iya dan tidak karena secara umum ikan itu adalah binatang yang buta warna hanya saja sebagian dari ikan ikan tersebut memiliki reseptor pada retinanya untuk menangkap warna warna tertentu seperti kuning, hijau dan biru. Seperti ikan wahu, marlin, lemadang dan tuna menurut para peneliti dari negara jepang ikan ikan tersebut merespon sangat baik terhadap sinar warna hijau dan juga biru. Terutama pada ikan lemadang yang memiliki reseptor warna hijau dan biru pada retinanya, faktor lingkungan seperti kondisi air dan sinar matahari sangat berperan penting dalam hal ini.

Lalu pemilihan warna pada lure atau umpan buatan itu sebenarnya untuk siapa ? untuk memuaskan pemancingnyakah atau untuk ikan yang di target.? Kemungkinan besar pemilihan warna pada lure hanya untuk memuaskan pemancingnya, hal ini tidak terlepas dari pribadi masing masing angler tersebut yang memiliki warna kesenangan atau warna favorit. Menurut majalah luar yang berjudul Saltwater pada edisi bulan oktober tahun 2005 mengutip pernyataan salah satu pembuat jenis umpan untuk trolling mereka mengatakan dengan sangat meyakinkan, “kita dapat menangkap ikan dengan sangat banyak dari jenis umpan yang beragam, saat umpan  beraksi dengan aktraktif maka ia akan mendapatkan strike walau umpan tersebut tidak berwarna,”.

Jadi dengan begitu kesimpulan yang dapat kita ambil adalah umpan lure tersebut walaupun memiliki warna yang beraneka ragam namun tidak dapat bergerak dengan atraktif maka dapat di pastikan strike yang di dapat akan sangat minim sekali. Gerakan umpan yang atraktif jauh lebih dominan dan penting dari pada warna warni yang di tampilkan, pernyataan tersebut mendapatkan persetujuan banyak angler dari seluruh dunia. Bahkan ada seorang angler yang berkata cukup ekstrim “gue mancing pake teknik popping hanya menggunakan kayu polos ga ada warna juga di embat”.

Sebagai pedoman untuk angler yang masih ngotot ingin menggunakan lure berwarna sesuai dengan warna favoritnya, nah berikut ini informasi spesifikasi warna yang dominan di dalam air dengan jarak tempuh pencapaian warna tersebut ke kedalaman air. Untuk warna biru panjang gelombangnya dapat mencapai 80 meter lebih di kedalaman. Warna yang lain tidak mampu untuk mencapai kedalaman tersebut, nah untuk itu lihat tabel berikut ini jangkauan gelombang warna di kedalaman 10 hingga 30 feet ( kurang lebih 3 hingga 10 meter ) dalam skala persentase 
Warna merah 6,5 % 0,025 %
Warna orange 50 % 12%
Harna kuning 73% 40%
Warna hijau 88% 69%

Semoga dengan mengetahui persentase gelombang warna di atas sobat angler sekalian dapat menentukan warna pilihannya dalam memancing di perairan dangkal dan semoga mendapatkan hasil strike yang melimpah. Demikianlah informasi singkat kami tentang Apakah Ikan Mengenali Warna ? semoga saja ada manfaat yang dapat di ambil dari artikel ini dan bila demikian bantu kami dengan share atau bagikan artikel ini agar sobat angler yang lainnya mendapatkan manfaat yang sama seperti yang kita dapatkan, terimakasih banyak, salam.
loading...