Ikan Lele

Ikan Lele atau di sebut juga dengan nama Ikan Keli ( Malaysia ) adalah jenis ikan yang habitat hidupnya di air tawar, jenis ikan ini sangat mudah sekali untuk di kenali karena memilii ciri khas yang spesifik yaitu memiliki kumis dengan tubuh pipih panjang dan licin tanpa sisik. Nama untuk ikan ini sangat beragam di masing masing daerah  contohnya untuk daerah sumatra barat ikan di ini si sebut Ikan Kalang, Ikan Seungko ( Aceh ), Ikan Sibakut ( Karo ), Ikan Pintet ( Kalsel ), Ikan Lele atau Lindi ( Jateng ), Ikan Cepi ( Sulsel ), Ikan Keling ( Makasar ) dan masih banyak lagi sebutan lainnya yang belum kami sebutkan disini.

Ikan Lele

Mengenal Habitat Serta Perilaku Ikan Lele

Ikan lele walaupun memiliki rupa dan tampilan sangat mirip dengan Ikan Simbilang ( Lele Laut ) namun mereka sangatlah berbeda baik dari marga dan juga suku. Lele masuk dalam golongan marga Clarias dan suku Clariidae sedangkan lele laut dari marga dan suku Ariidae. Ikan lele tidaklah pernah di temukan hidup pada jenis air payau ( tidak asin dan tidak tawar / pertemuan air asin dan air tawar ) maupun di air asin. Habitat ikan ini adalah sungai,sawah, rawa-rawa,waduk dan telaga, ikan ini juga mampu bertahan hidup pada lokasi airnya yang tercemar seperti dalam parit / got atau tempat pembuangan. Baca artikel Cara Menangkap Ikan Di Alam Liar.

Karakteristik ikan ini aktif pada waktu malam hari oleh karena itu ia tergolong pada hewan nokturnal dan akan berlindung dalam lubang atau area yang gelap pada siang hari, ikan ini di ketahui masa pemijahannya di alam liar adalah di musim penghujan. Untuk itu pagi angler pemburu lele waktu terbaik untuk berburu ikan ini adalah di malam hari walau di siang haripun bisa mendapatkan ikan ini namun malam adalah waktu terbaiknya. Yang senang berburu lele jangan lupa di baca 9 Tips Jitu Mancing Ikan Lele dan 13 Umpan Terbaik Ikan Lele.

Jenis Ikan Lele

Ikan lele memiliki spesies yang sangat banyak sekitar 55 hingga 60 spesies dan 20 jenis spesies tersebut tersebar di asia tenggara termasuk negara kita Indonesia ini, setiap tahun hampir selalu ada dan di temukan jenis spesies baru dari jenis ikan lele ini semoga saja dengan adanya penelitian terhadap ikan ini akan menjadikan perternakan lele semakin berkembang pesat dan pelestariannya menjadi meningkat.

Ikan lele masuk dalam ikan konsumsi oleh karena itu admin sangat mendukung terhadap penelitian ikan ini demi meningkatkan lagi kualitas dan mutu ikan tersebut, karena ikan ini sudah di budidayakan hampir di seluruh daerah. Walau ada sebagian orang yang tidak menyenangi rasa daging ikan ini namun setiap tahun produksi dan permintaan pasar terhadap ikan lele ini melonjak sangat tinggi, itu pertanda ramai yang meminati ketimbang yang tidak. Menurut admin ikan ini memang memiliki rasa daging yang tawar namun tidak begitu tawar ( rasa daging ikan air tawar pada umumnya ) namun kalau sudah di goreng dan di jadikan Pecel Lele dengan sambal yang lezat dan lalapan segar di tambah tahu serta tempe gorengnya sangat sulit untuk menolak menu yang satu ini cui hehehehehe

Pecel Lele

Demikian artikel informasi kali ini tentang Jenis Ikan yaitu Ikan Lele semoga dapat di ambil manfaat dan pengetahuannya dan mohon koreksinya dari sobat angler sekalian bila ada kesalahan penulisan maupun informasi dari artikel ini, terimakasih dan sampai jumpa di lain kesempatan dengan Kepri Fishing Club salam angler mania untuk semua penggila hobi memancing.
loading...

0 Response to "Ikan Lele"

Post a Comment

- Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang anda baca
- No Spamming
- No Link or Live Link
- No SARA or SARU
- Trims Atas Partisipasi Sobat Angler Sekalian Dalam Berkomentar Disini