Hiu Air Tawar Si Ikan Patin

Memiliki bentuk tubuh pajang dan meleber serta tidak pula bersisik, jenis sirip pada punggung yang keras dan berbentuk runcing begitu pula pada bagian ekor yang membentuk huruf V dengan ujungnya yang meruncing pula. Ukuran pada kepala sedikit lebih kecil dan berbentuk gepeng dengan mulut yang lebar pada bagian bawahnya dan di tumbuhi sungut itulah dia Hiu Air Tawar Si Ikan Patin. Warna tubuh pada ikan ini mayoritas biru kehitaman pada bagian punggung sedangkan pada bagian perutnya putih keperakan.

Ikan patin masuk kedalam jenis ikan carnivora ( pemakan daging ), yaitu memakan ikan kecil, cacing ,udang dan juga binatang air kecil lainnya. Tempat hidup ikan ini lebih banyak pada daerah sungai dari hulu sampai hilir yang dekat dengan muara, danau ataupun pada rawa rawa. Kondisi air dengan arus yang tenang tenang atau kecil sangat di senangi oleh ikan patin ini daripada kondisi air yang berarus deras.Baca juga Tips Dan Trik Mancing Ikan Patin.

Hiu Air Tawar Si Ikan Patin

Karakteristik kebuasan ikan patin ini sangat mirip dengan hiu yang berada di laut, oleh karena itu orang bule menyebutnya dengan sebutan fresh water shark atau shark catfish. Di negara kita Indonesia ini ikan Patin memiliki banyak sodara ( kerabat ) dekat, diantaranya adalah ikan juaro, lawang dan lainnya dengan nama ilmiah depannya sama yaitu “PANGASIUS”.

Ikan patin memiliki potensi nilai ekonomis yang tinggi sehingga ikan ini banyak di budidayakan oleh masyarakat dengan beragam metode pembudidayaan, seperti kolam dan keramba. Ikan ini sekarang lebih banyak di dapat pada budidaya masyarakat ketimbang di habitat aslinya. Hal ini terjadi karena hilangnya keseimbangan populasi ikan tersebut yang di akibatkan penangkapan secara berlebihan.

Demikianlah informasi singkat tentang profil ikan patin yang kami beri judul Hiu Air Tawar Si Ikan Patin semoga saja informasi ini dapat menambah wawasan kita dalam mengenal jenis ikan yang tentunya sangat berguna dalam mempermudah penggunaan teknik mancing dan pemilihan jenis umpan untuk jenis ikan yang telah kita kenal karakteristiknya tersebut. Sekian dan terimakasih telah berkunjung. Lihat video pertarungan strike dengan ikan patin DISINI.!
Mungkin sobat angler sekalian juga ingin membaca artikel berikut:
loading...