Tips Dan Trik Memancing Ikan Bandeng 2

Setelah sebelumnya admin memposting artikel Tips Dan Trik Memancing Ikan Bandeng 1 kini saatnya di lanjutkan ke Tips Dan Trik Memancing Ikan Bandeng 2 sesuai janji di artikel sebelumnya. Sensasi memancing ikan bandeng memang sedikit berbeda karena untuk jenis ukuran ikan empang tarikan perlawanannya sangat luar biasa. Sangat sering terjadi joran diseret ikan saat kail terkena sasaran atau strike atau fish on tanpa diketahui jadi perlu waspada lebih agar joran tidak kebawa ketengah kolam/empang.

Tips Dan Trik Memancing Ikan Bandeng 2

Saat bertarungpun sensasi yang di berikan ikan ini lebih hot karena bandeng tiba-tiba meloncat dan berenang kesana-kemari dengan kecepatan tinggi, senar/kenur pancing bisa saling nyangkut antara pemancing lain dan memungkinkan terjadinya kusut, ini cukup merepotkan bukan.? ikan ini sangat liar walau terkadang sudah di angkatpun masih sangat kuat untuk meronta dan melawan.

Persiapan apa sajakah yang perlu sobat angler bawa 
bila ingin berburu atau memancing ikan bandeng ini.?


  1. Bawa lotion sunblock bila perlu payung yang bisa ditancapkan ditanah, baju kaos lengan panjang atau bisa juga gunakan manset untuk lengan ( bila sobat hanya memakai kaos lengan pendek ). Kacamata hitam perlu cui karena tidak seperti tempat pemancingan ikan mas, tempat pemancingan ikan bandeng pada umumnya terletak dipinggir laut dengan cuaca panasnya ampun dah.
  2. Bawalah sekurang kurangnya 2 joran jadi bila ada masalah misalnya kusut, putus atau lainnya sobat angler tidak kehilangan moment strikenya.
  3. Bawalah minuman yang banyak agar tidak dehidrasi atau sobat akan berteriak nantinya untuk pesan minuman ke pemilik kolam.
  4. Siapkanlah kain lap ataupun sarung tangan agar nanti ikan yang kita dapat tidak akan mudah terlepas. Satu sarung tangan bisa di gunakan ditangan kiri/kanan sedangkan tangan yang lainnya untuk memegang joran dan memasang umpan.
  5. Bawalah uang yang cukup bila nanti sobat sedang mujur strike isi dompet bisa terkuras karena umumnya memancing ikan bandeng bayar kiloan.

TAMBAK BANDENG

Tips mendeteksi keberadaan ikan bandeng.

Ikan bandeng pada umumnya menelusuri tambak atau kolam secara bergerombol seringnya menyusuri pinggir kolam. Tidak seperti memancing ikan mas sobat harus sering sering pindah posisi bila umpan yang di lempar tidak disentuh ikan bandeng dalam waktu yang cukup lama. Selalu perhatikan cipratan ikan biasanya disanalah mereka berkumpul.

Tips mendeteksi tarikan ikan bandeng.

Ciri makan ikan ini kadang menyambar umpan namun terkadang juga hanya diemut dulu baru dimakan atau kadang disundul-sundul agar umpannya rontok. Bila sobat menggunakan pelampung perhatikanlah jika pelampung sudah berputar jangan buru buru tarik joran tunggulah hingga pelampung mulai bergeser seperti sedang dibawa ikan atau pelampung mulai tenggelam baru sentak jorannya. Nah bila sobat menggunakan rangkaian glosor ( bandul ) setelah melempar umpan gulunglah reel sedikit agar senar tidak kendor. Jika senar sobat seperti terseret ikan artinya umpan sudah terkena sasaran atau sobat bisa juga menggunakan jari telunjuk untuk merasakan getaran saat umpan dimakan ikan.

Tips Memancing bandeng jika angin bertiup kencang.

Umumnya tempat mancing bandeng tidak jauh dari pinggir laut yang  biasanya angin bertiup cukup kencang hal ini bisa menimbulkan riak gelombang pada air sehingga ikan akan kesulitan menyantap umpan jika sobat menggunakan pelampung jadi bila itu terjadi ganti aja tekniknya dengan cara glosor.

Bila sobat tetap ingin menggunakan teknik pelampung carilah posisi yang membelakangi arah angin jadi lemparan umpan sobat sesuai arah angin. Janganlah melempar umpan ke arah air yang beriak/gelombang besar lempar saja sekitar 15 s/d 30 cm dari pinggir kolam, biasanya riak air tidaklah terlalu besar dan lagi ikan bandeng biasa suka hilir mudik dipinggir tambak.

Umpan mancing ikan bandeng gunakanlah seperti biasanya makan yang diberikan oleh pemilik kolam / tambak bisa roti atau pelet. Tidaklah terlalu sulit untuk membuat umpannya gunakan campuran pelet jitu 2 sachet dan kuning telor asin ( telor bebek ) cara buatnya pelet jitu dituangkan sedikit air panas lalu aduk dan dicampur dengan kuning telornya, jangan gunakan air terlalu banyak atau terlalu sedikit agar adonan tidak terlalu lembek ataupun terlalu keras. Setelah umpan yang di buat telah jadi masukkan ke dalam kantong plastik transparant atau bisa juga box plastik yang tertutup yang penting tidak bau plastik. Kenapa harus ditempatkan khusus? logikanya biar umpan yang di buat tidak cepat mengering karena panas dan teriknya kolam / tambak.

Jika sobat merokok pastikan agar umpan tidak tercampur bau rokok, biasanya tangan sobat akan berbau rokok saat memilin umpan ke kail, siapkanlah lap basah untuk menghilangkan bau rokok di jari sobat tersebut sebelum memasang umpan ke mata kail.

Faktor lain yang berpengaruh

Ikan bandeng hidupnya di air payau atau antara air asin dan air tawar jadi ingat ya jika setelah turun hujan bisa menyebabkan air tawar menjadi lebih banyak dari pada air asin sehingga nafsu makan ikan menjadi berkurang. Pasang surut air lautpun sangat berpengaruh jika air laut sedang surut agak sedikit sulit untuk mendapatkan strike ikan bandeng.

Waktu mancing terbaik adalah

Cuaca cerah alias tidak berawan karena ikan bandeng kurang bernafsu atau malas makan bila tidak ada sinar matahari. Jam terbaik untuk memancing ikan ini jika sinar matahari sudah bersinar sekitar jam 9 pagi dan juga jam 3 sore.

Demikian artikel Tips Dan Trik Memancing Ikan Bandeng 2 ini semoga bermanfaat dan jangan lupa tunggu artikel KFC ( Kepri Fishing Club ) selanjutnya tentang Spot Mancing, sampai jumpa lagi.
loading...