3 Jenis Karakteristik Ikan Yang Perlu Di Ketahui

3 Jenis Karakteristik Ikan Yang Perlu Di Ketahui: Seperti yang kita semua tau, ikan hampir dapat di temui disemua jenis genangan air yang berukuran kecil maupun berukuran besar, air tawar, payau maupun air asin atau air laut di kedalaman yang bervariasi dari permukaan hinggalah beberapa ribu meter dibawah permukaan.

3 Jenis Karakteristik Ikan Yang Perlu Di Ketahui

Ikan adalah jenis anggota vertebrata ( bertulang belakang ) poikilotermik (berdarah dingin) hidup di dalam air serta pernapasannya menggunakan insang. Spesies Ikan sangatlah beraneka ragam hingga lebih dari 27 ribu di seluruh dunia, itu yang sudah di ketahui. Adapun yang masih misteri hingga kini masih sangat banyak terutama untuk jenis ikan yang hidup di kedalaman ekstreem seperti 2000++ meter di dasar laut maupun danau. Dalam tingkatan taksonomi makhluk yang satu ini di kelompokan dalam golongan PARAPHYLETIC namun masih diperdebatkan hubungan kekerabatannya.
A. Ikan Di Bagi 3 Jenisnya Secara Garis Besar:

  1. Bertulang keras di sebut kelas Osteichthyes
  2. Tanpa Memiliki Rahang di sebut kelas Agnatha 75 spesies
  3. Bertulang rawan di sebut kelas Chondrichthyes 800 spesies hiu dan pari termasuk didalamnya.

Ukuran ikan sangatlah variatif dari yang belasan meter panjangnya seperti ikan paus pembunuh dan hiu hingga yang paling mini tidak lebih dari 1cm seperti ikan Stout Infantfish dengan ukuran hanya 7mm ( milimeter  = 0,7cm ). Untuk sobat angler ketahui beberapa makhluk air yang umumnya sering di anggap ikan seperti duyung dan paus bungkuk bukanlah masuk dalam golongan spesies ikan karena makhluk tersebut tergolong kedalam jenis mamalia atau hewan yang menyusui.

Admin sedikit kesulitan untuk menjelaskan detail jenis karakteristik ikan ini di karenakan sedikitnya sumber informasi yang di dapat apa lagi jenis ikan saja mencapai 27ribu spesies bisa tidak cukup waktu semingu untuk menjelaskan semuanya, jadi kita ambil garis besarnya saja yah.

B. 3 Jenis Karakteristik ikan:

1. Ikan Dasar Air
Ikan jenis ini selalu berada di dasar air baik dasar rawa, kolam, sungai maupun laut. Ikan jenis ini dapat di lihat langsung bedaannya pada tubuh ikan tersebut. Mayoritas makhluk dasar ini tidak memiliki sisik, dan di bagian bawah badan berbentuk mendatar / rata dan melebar bila dibandingkan dengan bagian atas ikan tersebut.

Contoh ikannya seperti Baung, Keting, Betutu, Patin dan Pari.

2. Ikan Permukaan Air
Jenis ikan ini sering terlihat di permukaan air baik itu kolam, sungai, rawa, maupun laut. Tidak ada ciri khusus, hampir semua jenis ikan yang kita kenal memiliki bentuk tubuh mirip dengan jenis ini. Jika ia ikan air tawar jenis ini umumnya memiliki sisik dibadan. Contoh: Toman dan Gurami.

Mayoritas ikan permukaan sering terlihat pada daerah teduh yang terlindung semak dan belukar, ranting atau batang kayu tumbang serta tumbuhan yang hidup  pada permukaan air. Sedangkan untuk ikan laut ukurannya lebih kecil dan umumnya bergerombol dalam jumlah banyak. Ikan ini menjadi santapan favorit ikan predator dan burung laut. Contoh: selar,rinyau,plate ( selar kuning ) dll

3. Ikan di semua massa air.
Karakteristik ikan ini sulit di prediksi, termasuk jenis ikan dasar atau permukaan air karena ia selalu berpindah - pindah dan mampu bertahan cukup lama didasar maupun permukaan. Pada umumnya ikan jenis ini memiliki sisik sama dengan jenis ikan permukaan. Contohnya ikan Nila, Betik dan Mujair.

Sekian sedikit ulasan artikel 3 Jenis Karakteristik Ikan Yang Perlu Di Ketahui ini semoga berguna dan bermanfaat untuk sobat angler sekalian, sampai jumpa lagi di artikel Kepri Fishing Club ( KFC ) selanjutnya, salam.

Jangan lupa untuk melihat artikel sebelumnya : Cara Mengikat Mata Kail Ala Full Blood Knot
loading...